Clouds and blue sky
Some of my favourite things in this world.

} means bird
* * * means guano

Welcome to my visual archive of mind.

Regrets,

Day} * * * * * *

Thursday, 18 August 2016

I Travel Because I Love To, I Come Back Because I Have To -- Pasar Gang Baru, Semarang


Kurang pas apabila bertandang ke Semarang dan tidak mampir ke daerah pecinannya. Terutama wilayah Pasar Gang Baru yang kesohor itu. Bertandanglah pagi-pagi (sekitar pukul enam atau tujuh) dan kamu akan menyaksikan kota ini bergeliat dengan cepat. Segalanya serba ada di Pasar Gang Baru, kualitas barang dagangannya pun apik-apik. Seusai berbelanja, bisa rehat sebentar sambil menyesapi nikmatnya wedang tahu (tahu lembut dengan kuah jahe).









Apapun tersedia! Termasuk perlengkapan lamaran







Gerbang masuk wilayah pecinan. Di kala Sabtu dan Minggu malam, daerah ini akan menjadi pasar malam yang biasa disebut Pasar Semawis. Segala rupa makanan khas Semarang akan tersedia. Dari es conglik (semacam es putar) sampai pisang penyet! Atmosfernya sedikit unik, karena akan ada sekumpulan ibu-ibu atau orang-orang sepuh yang berkaraoke di pinggir jalan.

Tepat di bagian kanan gerbang ini, terdapat toko tembakau Mukti yang sudah berdiri sejak lama. Cangklong, alat linting, kelobot (rokok dengan lintingan kulit jagung) dan berbagai pilihan tembakau dari berbagai wilayah di Indonesia pun tersedia. Kalau saya tidak salah ingat, toko ini dikelola oleh generasi ketiga sang pemilik awal, dengan gudang tembakau yang ada di Kendal. Uniknya, mereka turut menjual tembakau iris dengan berbagai pilihan rasa. Kopi, buah ceri, mint, ceri mint dan bahkan wine. Rasa-rasa tersebut dihadirkan ke dalam tembakau mereka melalui proses penguapan dari bahan-bahan asli. Begitulah kata sang penjaga toko, dan hal itulah yang membedakan tembakau mereka dengan tembakau-tembakau yang ada di pasaran.






Gedung-gedung (atau bahkan mungkin dapat disebut ruko-ruko) di wilayah pecinan menjadi pusat kegiatan ekonomi di Semarang. Tak kenal lelah. Pagi menjadi Pasar Gang Baru, sore menjelang malam (satu blok di sebelah Pasar Gang Baru) akan menjadi pusat jajanan enak (bistik kambing, mie babi, babat gongso dan banyak lagi) dan tiap akhir pekan akan menjelma menjadi Pasar Semawis. Satu wilayah dengan banyak rupa.




Juni - Juli 2016
Pentax Spotmatic F
Expired Fujifilm Superia 200

No comments: